"LUQMAN CHAKIM"

Rabu, 25 Januari 2012

Pengantar Teknologi Informasi Trend IT: TEKNOLOGI Cloud Computing

Pengertian:   Wikipedia.com   Gabungan pemanfaatan Teknologi Komputer (komputasi) pengembangan berbasis internet murah (awan).   Wikinvest.com   Teknologi Yang menggunakan internet murah server (remote) terpusat UNTUK aku-memelihara data murah aplikasi. Contoh Sederhana   Google.com   Yahoo.com Anda dont membutuhkan software atau server untuk menggunakannya. Semua konsumen akan membutuhkan hanya koneksi internet dan Anda dapat mulai mengirim email. Server dan perangkat lunak manajemen email adalah semua di atas awan (internet) dan benar-benar dikelola oleh penyedia layanan awan Yahoo, Google dll Horee   'Jika Anda hanya perlu daging, Anda akan membeli sapi? "   Semua pengguna atau konsumen butuhkan adalah untuk mendapatkan manfaat dari menggunakan perangkat lunak atau perangkat keras komputer seperti mengirim email dll Hanya untuk mendapatkan manfaat ini (susu) mengapa harus konsumen membeli perangkat lunak (sapi) / hardware? Fakta - di Dunia   Juni 2009, 41% Dari senior TI profesional Tidak mengerti tentang komputasi awan murah dan 2 / 3 yang profesional senior yang masih bingung KEUANGAN DENGAN horee nya.   September 2009, pemanfaatan komputasi awan Bisa menurunkan biaya TI sebesar 18% dan 16% Atas biaya Listrik Data Center. Fakta - di Indonesia   Dari Sekitar 50 juta UKM di Indonesia SAAT ini, Sekitar 30 juta-35 juta di antaranya belum memanfaatkan Teknologi Informasi. Dari Sekitar 50 juta UKM di Indonesia SAAT ini, Sekitar 30 juta-35 juta di antaranya belum memanfaatkan Teknologi Informasi.   pasar komputasi awan 2011 mencapai Rp 280 Miliar-Rp 1,6 triliun. Atau sebesar 0,7 hingga 2 Persen Persen Dari Total belanja TI Nasional Tahun ini Rp 40 triliun-Rp 80 triliun. Pembagian Segmen   Infrastruktur sebagai Layanan   Hal ini meliputi Grid UNTUK server penyimpanan, virtual & jaringan.   Platform-as-a-service   Hal ini memfokuskan PADA Dalam, dimana aplikasi ini memungkinkan pengembang Hal UNTUK Tidak memikirkan hardware murah Tetap Fokus PADA pengembangan aplikasi yg tampa Harus mengkhawatirkan sistem operasi, skala infrastruktur, load balancing murah lainya. Contoh nya Yang Telah mengimplementasikan ini adalah Force.com danMicrosoft Azure investasi.   Software-as-a-layanan   Hal ini memfokuskan PADA denga aplikasi antarmuka berbasis Web Yang diakses melalui Layanan Web murah Web 2.0. contohnya adalah Google Apps, SalesForce.com murah jaringan sosial seperti FaceBook aplikasi. Keunggulan   Terbukti Web-layanan integrasi.   Menurut sifatnya, teknologi komputasi awan jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk mengintegrasikan dengan aplikasi lain Anda perusahaan (baik perangkat lunak tradisional dan komputasi awan infrastruktur-based), apakah pihak ketiga atau rumahan.   kelas dunia pelayanan.   infrastruktur komputasi Cloud menawarkan skalabilitas yang lebih besar, pemulihan bencana lengkap, dan nomor uptime mengesankan.   Tidak ada perangkat keras atau perangkat lunak untuk menginstal   infrastruktur komputasi awan 100%. Keindahan teknologi komputasi awan adalah kesederhanaannya ... dan dalam kenyataan bahwa ia membutuhkan pengeluaran modal secara signifikan lebih sedikit untuk bangun dan berjalan.   penyebaran cepat dan rendah-risiko.   Anda bisa bangun dan berjalan di sebagian kecil dari waktu dengan infrastruktur komputasi awan. Tidak menunggu bulan lebih atau tahun dan menghabiskan jutaan dolar sebelum orang sampai ke login ke solusi baru Anda. Aplikasi komputasi awan teknologi Anda yang hidup dalam hitungan minggu atau bulan, bahkan dengan kustomisasi yang luas atau integrasi.   Dukungan untuk kustomisasi dalam.   Beberapa profesional TI keliru berpikir bahwa teknologi komputasi awan sulit atau tidak mungkin untuk menyesuaikan luas, dan karena itu bukan pilihan yang baik untuk perusahaan yang kompleks. Infrastruktur komputasi awan tidak hanya memungkinkan kustomisasi dan konfigurasi aplikasi, itu mempertahankan semua kustomisasi bahkan selama upgrade. Dan bahkan lebih baik, teknologi komputasi awan sangat ideal untuk pengembangan aplikasi untuk mendukung kebutuhan organisasi Anda berkembang.   Diberdayakan pengguna bisnis.   teknologi komputasi Cloud memungkinkan on-the-fly, titik-dan-klik kustomisasi dan pembuatan laporan untuk pengguna bisnis, sehingga IT tidak menghabiskan separuh waktunya membuat perubahan kecil dan menjalankan laporan.   upgrade otomatis yang tidak mempengaruhi sumber daya TI.   infrastruktur komputasi Cloud mengakhiri dilema besar TI: Jika kita meng-upgrade ke versi terbaru-dan-terbesar dari aplikasi, kita akan dipaksa untuk menghabiskan waktu dan sumber daya (bahwa kita tidak memiliki) untuk membangun kembali kami kustomisasi dan integrasi. Teknologi komputasi awan tidak memaksa Anda untuk memutuskan antara upgrade dan melestarikan semua kerja keras Anda, karena mereka kustomisasi dan integrasi secara otomatis diawetkan selama upgrade.   Pra-dibangun, pra-aplikasi terintegrasi untuk teknologi komputasi awan.   Para AppExchange Force.com fitur ratusan aplikasi yang dibangun untuk infrastruktur komputasi awan, pra-terintegrasi dengan aplikasi CRM Salesforce Anda atau aplikasi Anda pekerjaan pengembangan pada Force.com. Resiko   Tingkat layanan   penyedia Cloud Ujug Tidak Akan konsisten DENGAN kinerja Dari aplikasi atau Transaksi. Hal ini mengharuskan ANDA UNTUK memahami tingkat layanan Yang ANDA dapatkan Mengenai transaksi respon waktu, perlindungan data murah Kecepatan pemulihan data.   Privasi   Orang lain KARENA / perusahaan lain juga melakukan hosting yang kemungkinan data yang ANDA Akan Keluar atau di baca oleh pemerintah US dapat terjadi tampa sepengetahuan ANDA atau menyetujui Dari ANDA.   Kepatuhan   Memperhatikan regulasi bisnis Dari Yang ANDA miliki, Dalam, Hal ini secara teoritis awan penyedia layanan diharapkan dapat menyamakan tingkat kepatuhan penyimpanan data yang Didalam UNTUK awan, namun layanan ini masih KARENA sangat muda ANDA UNTUK diharapkan Berhati hati Dalam, Hal penyimpanan data.   data kepemilikan   Apakah data yang ANDA masih menjadi Milik ANDA begitu Data tersebut Tersimpan Didalam awan? Ujug Pertanyaan ini Sedikit aneh, namun ANDA njaluk mengetahui seperti Hal nya Yang terjadi PADA Facebook Yang Mencoba UNTUK Merubah ketentuan perjanjian penggunaan nya yg Yang mempertanyakan hal.   Mobilitas data   Apakah ANDA dapat melakukan berbagi data diantara awan layanan? murah jika ANDA memutuskan hubungan awan ANDA bagaimana mendapatkan data yang ANDA Kembali? Format apa Yang Akan digunakan? atau dapatkah ANDA memastikan kopi Dari data yang terhapus Telah nya? Strategi Implementasi   Langkah Awal   Mempelajari SISTEM Dari awan layanan kontrak. pastikan setiap proses menjadi sederhana, dapat berulang ulang murah menjadi Nilai tambah UNTUK ANDA bisnis.   Kedua,   Mengidentifikasi layanan apa Yang dapat ANDA manfaatkan di Dalam, awan murah mana Yang Seharusnya bersifat internal. Hal ini sangat Result UNTUK ANDA ketahui Mengenai sistem murah layanan inti dapat dimanfaatkan oleh Yang bisnis ANDA. murah sebaiknya ANDA mengkategorikan beberapa elemen ANDA bisnis berdasarkan Resiko Dari penggunaan layanan awan.   Langkah terakhir,   Melakukan Strategi UNTUK mendapatkan sumber biaya murah Yang sangat, namun memiliki skalabilitas murah fleksibilitas kebutuhan bisnis UNTUK ANDA. Hal ini Termasuk Pertimbangan Akan proteksi data kepemilikan murah mobilitas, kepatuhan murah beberapa elemen seperti halnya kontrak IT tradisional. Baru! Klik kata di atas untuk melihat terjemahan alternatif. Singkirkan Google Terjemahan untuk Bisnis:Perangkat PenerjemahPenerjemah Situs WebPeluang Pasar Global Matikan terjemahan instanTentang Google TerjemahanSelulerPrivasiBantuanKirimkan umpan balik

Pengantar Teknologi Informasi Topic : TATA KELOLA IT ( IT Governance )

PENGERTIAN Suatu cabang dari tata kelola perusahaan yang terfokus pada sistem teknologi informasi (TI) serta manajemen kinerja dan resiko. LATAR BELAKANG - UMUM Meningkatnya minat pada tata kelola TI sebagian besar muncul karena adanya prakarsa kepatuhan serta semakin diakuinya kemudahan proyek TI untuk lepas kendali yang dapat berakibat besar terhadap kinerja suatu organisasi. LATAR BELAKANG Perkembangan TI satu dekade terakhir Kegunaan : Gaya Hidup Sarana penunjang Strategic tools Supply-Demand yang sangat dinamis Ruang Lingkup Individu Masyarakat Perusahaan Pemerintahan dll RUMUSAN Implementasi TI dengan tujuan memberikan dampak yang positif Perubahan arah kebijakan : Citra Perusahaan Bagian operasional yang strategis Cost saving Pemahaman organisasi dan pengambil keputusan. KENYATAAN DI LAPANGAN PROYEK PENGEMBANGAN IT = PROYEK PENYEDIAAN SARANA DAN PRASARANA DAMPAK PENGEMBANGAN IT Waktu Fisik dan Pikiran Implementasi danMaintenance Biaya Perangkat Integrasi ( Jaringan ) Hardware & Software Konsultan DAMPAK PENGEMBANGAN IT Availability dan Kehandalan SDM Training Rekrutmen Budaya Kerja DAMPAK POSITIF ( yang diharapkan ) Efisiensi waktu Penghematan Actual Cost Saving Opportunity Cost Saving IT DALAM ORGANISASI PERENCANAAN=>PENGEMBANGAN=>ALIH KELOLA=>OPERASIONAL=>PEMELIHARAAN TAHAP PERENCANAAN Visi danMisi Kebutuhan Nilai Investasi yang dimiliki Pengetahuan teknologi ( SDM ) Metoda pengembangan TAHAP PENGEMBANGAN Tailor Made Package STRATEGI DALAM TAHAP PENGEMBANGAN Pertimbangan Ekonomis Pertimbangan SDM User IT Supporting Ketersediaan Sarana dan Prasarana Dukungan dariManajemen Komitmen TAHAP ALIH KELOLA Job Desc yang jelas Dari Key User ke User Dari IT ke Key User Dari IT ke User Antar IT Training Buat Petunjuk Kerja TAHAP ALIH KELOLA - EFEK Kegagalan TIdak ada Kerja Sama Resistensi User Ketidaksiapan dengan budaya kerja baru KurangMan Power One Man Show TAHAP PENGOPERASIAN Sosialisasi Top – Down Monitoring Evaluasi TAHAP MAINTENANCE Keep Existing Improve Existing Old Vendor New Vendor CONTOH KASUS ERP SYSTEM LATAR BELAKANG Pemikiran perlunya dilakukan aktivitas pengintegrasian proses secara lintas fungsi di dalam perusahaan, agar dapat lebih responsif baik waktu maupun biaya TUJUAN Process Elimination Process Simplification Process Integration Process Automation KARAKTER Didesain untuk lingkungan pelanggan pengguna server, apakah itu secara tradisional atau berbasis jaringan Memadukan sebagian besar dari proses bisnis Memproses sebagian besar dari transaksi perusahaan Database perusahaan yang secara tipikal menyimpan setiap data sekali saja (Real time) Memungkinkan perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan Menunjang sistem multi mata uang dan bahasa KEUNTUNGAN Sistem terintegrasi di dalam perusahaan, sehingga proses dan pengambilan keputusan dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien Menghilangkan kebutuhan pemutakhiran dan pembetulan banyak sistem komputer yang terpisah database perusahaan yang secara tipikal menyimpan setiap data sekali saja Memungkinkan manajemen mengelola operasi, tidak hanya sekedar memonitor saja PERTIMBANGAN MEMILIH ERP Investasi ERP sangat mahal dan pilihan ERP yang salah bisa menjadi mimpi buruk ERP yang berhasil digunakan oleh sebuah perusahaan tidak menjadi jaminan berhasil di perusahaan yang lain Perencanaan harus dilakukan untuk menyeleksi ERP yg tepat Bahkan dalam beberapa kasus yang ekstrim, evaluasi pilihan ERP menghasilkan rekomendasi untuk tidak membeli ERP, tetapi memperbaiki Business Process yang ada Tidak ada ‘keajaiban’ dalam ERP software. Keuntungan yang didapat dari ERP adalah hasil dari persiapan dan implementasi yang efektif idak ada software atau sistem informasi yang bisa menutupi business strategy yang cacat dan business process yang ‘parah’ PROSES PEMILIHAN SYSTEM Analisa Strategi Usaha Analisa SDM Analisa Infrastructure Analisa Software ANALISA STRATEGI USAHA Adakah keuntungan kompetitif yang ingin dicapai? Apa strategi bisnis perusahaan dan objectives yang ingin dicapai? Bagaimana proses bisnis yang sekarang berjalan vs bisnis yang diinginkan? Adakah proses bisnis yang harus diperbaiki? Apa dan bagaimana prioritas bisnis yang ada dan adakah rencana kerja yang disusun untuk mencapai objektif dan prioritas tersebut? Target bisnis seperti apa yang harus dicapai dan kapan? ANALISA SDM Bagaimana komitment top management thd usaha untuk implementasi ERP? Siapa yg akan mengimplementasikan ERP dan siapa yg akan menggunakannya? Bagaimana komitmen dari tim implementasi? Apa yg diharapkan para calon user thd ERP? Adakah konsultan dari luar yg disiapkan untuk membantu prosespersiapan? ANALISA INFRASTRUCKTUE Bagaimanakah kelengkapan infrastruktur yang sudah ada (overall networks, permanent office systems, communication system) Apa infrastruktur yang harus disiapkan? Seberapa besar budget untuk infrastruktur? ANALISA SOFTWARE Apakah perangkat lunak tersebut cukup fleksibel dan mudah disesuaikan dengan kondisi perusahaan? Apakah ada dukungan layanan dari penyedia, tidak hanya secara teknis tapi juga untuk kebutuhan pengembangan sistem di kemudian hari Seberapa banyak waktu untuk implementasi yang tersedia Apakah perangkat lunak memiliki fungsi yang bisa meningkatkan proses bisnis perusahaan KESIMPULAN Dalam tata kelola IT : Strategi implementasi harus mulai dipertimbangkan sejak tahap perencanaan. Peningkatan kemampuan SDM harus dilakukan secara terus menerus. Keterlibatan personal lain di luar personal bagian IT akan mempengaruhi keberhasilan implementasi IT. Perlu dilakukan tahap Alih-Kelola pada setiap implementasi sistem IT baru. Dukungan dari top management menjadi faktor penting untuk mempercepat tahap pengoperasian dan effisiensi pemeliharaan sistem.